Micro teaching adalah suatu tindakan atau kegiatan latihan belajar-mengajar dalam situasi laboratoris (Sardirman, Interaksi Motivasi Belajar Mengajar).
Ciri-ciri pokok Micro Teaching :
- Jumlah subyek belajar sedikit sekitar 5-10 orang
- Waktu mengajar terbatas sekitar 10 menit
- Komponen mengajar yang dikembangkan terbatas
- Sekadar real teaching
Maksud dan tujuan micro teaching
Maksud yaitu meningkatkan performance yang menyangkut keterampilan dalam mengajar atau latihan mengelola interaksi belajar mengajar.
Tujuan adalah membekali calon guru sebelum sungguh-sungguh terjun ke sekolah tempat latihan praktek kependidikan untuk praktek mengajar (Sardiman, Interaksi Motivasi Belajar Mengajar ).
Perbedaan micro teaching dan teaching
Micro teaching :
- Dilaksanakan dalam kelas laboratorium
- Sekadar real teaching
- Siswa 5 s/d 10 orang
- Waktu sekitar 10 menit
- Bahan terbatas
- Ketrampilan yang dilatihkan meliputi semua teaching skill dalam porsi yang terbatas dan terpisah-pisah.
- Dibutuhkan alat-alat laboratori agar dapat diperoleh suatu feedback yang obyektif.
Teaching :
- Dilaksanakan dalam real class room
- Merupakan real class room teaching
- Siswa 30 s/d 40 orang
- Waktu sekitar 45 menit
- Bahan luas
- Ketrampilan yang di demonstrasikan semua teaching skill dan terintegrasi
- Tidak dilengkapi dengan alat-alat laboratori.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar